Skip to main content

The Story of Hallo Hai

Assalamu'alaikum sahabat Sophie~~

Kemarin sore, ada sebuah pesan dari nomor asing yang masuk ke WA. Dari cara menyapanya, saya langsung menebak kalo pengirim pesannya ini pasti bukan orang iseng, yang suka modus "Mama minta pulsa" πŸ˜‚πŸ˜‚ Ya, saya yakin benar, karena dalam pesannya tersebutlah nama kecil saya. Siapakah pengirim pesan itu? Ternyata beliau adalah guru SD saya. 

Begitu tahu kalau beliau yang mengirim pesan dan tanya posisi saya dimana, saya pun langsung menebak, apa gerangan yang membuat beliau tiba-tiba menghubungi saya. Dan tebakan saya pun benar! 

Ada yang bisa menebak, kenapa beliau ini menghubungi saya?πŸ˜‰

Yaps, seperti tahun-tahun sebelumnya, beliau minta tolong untuk dibantuin ngMC di acara milad SD.

Untung saya lagi gak di Magelang ya, kalo di Magelang kan berabe nolaknya. Saya takut para wali murid jeleh lihat muka saya nampang di panggung lagi πŸ˜‚ 

Lupa pertama jadi MC di acara milad SD waktu saya SMA kelas berapa, dan itu terus berlanjut sampai saya hampir lulus kuliah. Entah kenapa untuk urusan MC diacara milad SD kok yang dihubungi saya, padahal banyak juga alumni  yang potential. Seneng-seneng aja sih jadi MC, toh dapet snack gratis #loh. Yang saya khawatirkan kalo saya jadi MC lagi adalah para orang tua bisa beneran jeleh, buosen, atau bahkan malah muntah-muntah nanti kalo mendapati saya yang jadi MC lagi πŸ˜‚πŸ˜‚

Anyway, dari pesan beliau kemarin itu, tetiba saya teringat hutang saya ke sahabat Sophie. Masih ingat apa hutang saya? Itu loh cerita tentang the power of halo hai

Loh emang ada hubungannya? nyambung ya?

Iya, nyambung sahabat Sophie~~~

The power of halo hai ini konteknya bukan tentang kita harus ramah dan menyapa orang, hai halo, bukan. Tapi tentang momen-momen ajaib ketika saya memanfaatkan dua kata ini.

Dari SD, saya memang paling suka kalo dapat bagian jadi MC. Waktu itu setiap jam istirahat pertama, di sekolah ada kegiatan kajian. Setelah solat duha, kajiannya dibawakan oleh perwakilan kelas yang bertugas. Dan yang wajib ada dari kajian itu adalah MC yang mengatur jalannya acara, pembaca tilawah dan artinya, serta pemateri yang bertugas menyampaikan kultum. Paling enak adalah jadi MC, gak usah nyari dan ngapalin materi buat kultum hehehe. Cuma, posisi sebagai MC juga biasa aja sih waktu itu. Nothing special. Toh rulenya semua orang harus nyobain semua peran, karena ini ajang latihan. Jadi, meski favorit saya dapet jatah MC, tapi bakal dapet bagian itu kalo udah muter antar temen sekelas dulu.

Foto ini baru diambil beberapa bulan yang lalu,
statusnya main aja ke sebuah radio hehehe.
Karena faktanya saya gak punya foto waktu jadi penyiar,
bahkan foto jadi MC juga gak punya.
Padahal no pict hoax ya hahaha. Nah lo, jangan-jangan??? 
ya, bisa aja tulisan ini hanya ilusi πŸ˜œ
Terus ketika SMP dan saya nyebur ke dunia broadcasting #halah, tawaran jadi MC ini semakin banyak saja. Tiap acara arisan keluarga ditunjuk jadi MC. Kalo ada acara pengajian MC lagi. Acara Agustusan MC lagi. Awalnya seneng, ngehits gitu nampang di depan terus, tapi lama-lama sadar diri, kasian orang-orang, bisa jeleh liat saya nampang terus. Atau malah bahagia? mereka bebas tugas πŸ˜‘

Tapi, meskipun informasi sebagai mantan anak broadcast ini tidak beredar sampai teman-teman di bangku kuliah, ternyata posisi MC masih saja sering hinggap di saya. Yang akhirnya jadi keterusan, apa-apa kalo lupa belum nyiapin MC acara, waton tunjuk, udah Sarah aja πŸ˜ͺ 

Bahkan waktu KKN juga sama. Pas acara perdana waktu itu udah mau mulai, barulah bingung siapa ini MC nya? MC siapa MC???? Dan entah gimana ceritanya, saya yang bukan PJ acara saat itu,  yang waktu itu juga gak lagi di TKP, tiba-tiba disamperin, Sar bantuin MC ya. Dan sejak saat itu, jadilah saya MC tetap disemua acara KKN hahahaha.

Nah, pengalaman MC yang paling amazing ini juga waktu KKN. Acaranya memperkenalkan  cinta lingkungan kepada anak-anak. Pesertanya adalah seluruh siswa kelas 3-6 dari tiga sekolah yang berbeda. Luar biasanya lagi, kami lupa tidak menyertakan wali kelasnya untuk ikut. Kami dengan pedenya sok-sokan mau menghandle 200an anak. Kami lupa kalo naluriahnya anak-anak itu gak bisa anteng, bahkan gak bisa diem. Kita yang udah gede aja kalo di forum suka ngobrol sendiri kan? Apalagi mereka. Selain ngobrol sendiri juga aktif lari kesana kemari. Udah gitu gampang tersulut emosinya, yang akhirnya berantem, nangis, dan bikin onar. Diawal acara all is well~~~ masih mau tenang. Begitu pemateri dari BLH mulai ngisi, waw, udah kaya pasar di bom aja itu. Ada yang lari-lari, cakar-cakaran, teriak-teriak, komplit deh. Terus bapak-bapak dari BLH dikacangin hahahaha. #ups malah ketawa sih.

Sumpah, kalo aku jadi pemateri, kutinggal pulang aja itu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Sebagai pemandu acara, aku pun sempat panik, haduh, ini anak orang kalo dibentak makin ngebentak, kalo dipukul, emang lu mau dipukul balik?😜 Terus saya coba deh trik halo hai nya. Serius, ini simpel banget! Aturan mainnya adalah kalo aku bilang hai semua harus jawab halo dan sebaliknya. Kalo aku bilang halo halo hai berarti semua harus jawab hai hai halo. 

"Halo adik-adik, ntar kalau aku bilang hai, kalian jawab halo ya, kalo aku bilang halo jawab hai ya!"

"#$^&^(gj293(&&$%()653`"

Dikacangin, semua masih ribut sendiri-sendiri.

"Oke dicoba dulu ya. Hallo~~~"

Then failed again. Mereka letoy.

"Kok gak kompak ya, yuk coba lagi, hallo~~~"

Nah kalo udah satu suara, uji kalo mereka ini kompak dan punya konsentrasi tinggi, sapaannya ditingkatin jadi halo hai hai halo atau apalah biar mereka ikut mikir tadi urutannya apa dan harus jawab gimana.

Dan berhasil-berhasil horey!!! πŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Tapi, ujian jadi MC hari itu belum berakhir. Karena ternyata anak-anak cuma bisa konsentrasi dalam waktu singkat. Belum lima menit, forum udah kaya pasar lagi. Jadi, tiap ada tanda-tanda mereka mulai gaduh, jurusnya dikeluarin lagi. Pembicara dari BLH pun kalo udah merasa diacuhkan sama anak-anaknya langsung, "Mba, tolong adeknya", (ditenangin maksudnya). "Mba, lagi (halo hainya)", sampai lama-lama, "Udah mba, mba aja jadi pembicaranya sekalian, mereka nurutnya sama mba." Wkwkwkwkwk.

Tak ada kekuatan magis ya saya pakai, tapi cuma bilang halo hai. Dan mereka seperti tersirep, langsung patuh mengikuti perintah saya selanjutnya. Setelah halo hai bla.. bla.. bla... mereka pun mengikuti dengan patuh dan tanpa perlawanan.

Cara ini pun saya pakai kalo pas mandu kegiatan anak-anak, kaya waktu Agustusan kemarin. Dan Alhamdulillah berhasil juga.

Nah, kemarin, atas kehendakNya, konspirasi semesta membawa saya pada takdir jadi MC lagi. Sudah baca postingan saya yang ini kan? Diacara tersebut saya dapat jatah lagi buat ngMC. Awalnya sih saya kebagian ongkang-ongkang kaki alias free job, tapi karena mba MC yang ditunjuk berhalangan hadir karena mempersiapkan UAS hari Senin, tugasnya pun dilimpahkan ke saya. Jujur, ndredek kalo yang ini. Karena pembicara di acara ini kaliber nasional eh malah inter ya.. Beliau adalah wakil ketua MUI pusat. Who is he? Coba tanya syekh google hehehe. Adapun pesertanya adalah muslim dari berbagai daerah di Taiwan, ada Taiwanesenya juga, meski yang mendominasi tetep WNI.

Setelah break solat ashar, acara kembali dilanjutkan. Meski pesertanya bukan lagi anak-anak SD seperti waktu KKN, ternyata mengatur bapak ibu itu juga rempong. Diminta tenang juga masih riweh sendiri-sendiri, bahkan ada yang masih asik promosi dagangannya (maklum jiwa emak-emak). Diulang lagi, eh dicuekin juga. Kuserahin pembicara, pembicara gak mau kalo pesertanya belum tanangπŸ˜₯

Saya coba deh jurus halo hai nya, meski waktu itu saya ragu, apakah jurus ini juga bisa mempan untuk ibu-ibu dan bapak-bapak. Bismillah, kalaupun gagal, anggap aja kita gak saling kenal, toh emang iya hahaha πŸ˜‚

Dan~~~~ Alhamdulillah! ternyata manjur juga (untuk ibu-ibu dan bapak-bapak). Setelah terkondisikan, baru pembicara mau nglanjutin materinya. Pas beliau udah pegang microphone, aku geli sendiri, beliau memulai materinya dengan halo halo hai juga. Eh, peserta juga respon-respon aja, bahkan kompak dan bersemangat ngresponnya. Pematerinya pun geli sendiri, setelah halo hainya direspon sempurna sama peserta, Ust Yun terkekeh-kekeh geli.

Ayo sahabat Sophie, kamu harus coba juga! Kalo berhasil nanti cerita ya πŸ˜‰ 

Wah seru juga nih kayaknya kalo dibikin  #HaloHaiChallange. Eh tapi siapa yang mau ikutan? kekekeke. Btw, utangku lunas ya sahabat Sophie~~~ 😊




Comments

Popular posts from this blog

Resume Tafsir QS Al Mulk Ayat 1-4 Tafsir Al Azhar

Setelah membaca tafsir Al Azhar pada bagian surat Al Mulk ayat 1-4, ada beberapa hal yang aku highlight. Aku tulis di sini agar lain waktu bisa dibaca kembali resumenya. Semoga juga bermanfaat untuk pembaca πŸ€— 1 . Mahasuci Dia yang di dalam tanganNya sekalian kerajaan dan Dia atas tiap-tiap sesuatu adalah Maha Menentukan. Kekuasaan yang kekal hanyalah milik Allah. Sedang kekuasaan yang ada pada manusia (jabatan/amanah) hanyalah pinjaman dari Allah. Kapan saja bisa Allah ambil. Karena itu sangat rugi jika kekuasaan digunakan untuk keburukan. Allah maha penentu segala sesuatu yang di langit dan di bumi. Di sini relate juga dengan sains, bahwa dengan menggali rahasia alam semesta kita bisa mendapat pengetahuan tentang segala yang dilihat, didengar, dan diselidiki. Sehingga semakin paham juga mengenai takdir. Bahwa alam semesta ini Allah takdirkan mengikuti ketentuan Allah, saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Segala sesuatu Allah ciptakan dan atur mengikuti sunatullah. Seperti ra

Filosofi Pupus: Hakikat Pupus adalah Bertumbuh

Assalamu'alaikum Sahabat Sophie πŸ˜‰ Hakikat pupus adalah bertumbuh Kadang aku geli sendiri sama hal-hal yang datang dan pergi tanpa permisi. Datangnya bikin terkejut bahagia, tapi siapa sangka kalau perginya bikin lebih terkejut lagi. Apa iya hidup sebercanda ini? Kadang aku sampai mikir kaya gitu. Meskipun sampai saat ini masih meyakinkan diri, Nggak kok, hidup nggak sebercanda itu, pastilah ada yang sedang Ia rencanakan. Kamu nggak ngerti aja mekanisme kerjaNya untuk memberikan yang terbaik versiNya. Benar-benar unpredictable dan waw banget gitu loh. Maka benar adanya, kita sebagai seorang hamba, harus terus meminta, agar diistiqomahkan dalam menjaga hati, karena hati kita bisa saja berbolak-balik. Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi 'alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu) Selanjutnya, bagaimana kita menjaga hati dan diri agar tak gentar. Seperti lirik lagunya Abbey dan Zoe bareng Bapaknya yang berjudul Pel

Yakinlah, Semua Indah pada Waktunya

Wisuda? alah itu hal biasa, pikirku. Saat itu aku santai-santai aja, bahkan jika harus menunda wisuda, rasanya tak apa. Pertama, ada tanggung jawab moral untuk nungguin dia, gak enak kalo wisuda duluan, padahal dia belum pendadaran. Dia? siapa sih? Yaps, dia adalah partner skripsian saya. Waktu saya sidang duluan aja, saya gak tega sebenernya, sidang duluan sedang dia masih berkutat dengan analisis. Pasca saya sidang, saya pun bisa membaca wajahnya yang begitu sedih dan mungkin marah, karena itulah setelah sidang saya justru sibuk nyariin dia yang entah ilang kemana.  Tapi, kalo saya gak segera yudisium, itu berarti harus bayar SPP lagi, saya sungkan kalo harus minta orang tua buat bayar SPP lagi, apalagi di semester delapan saya harus bayar SPP dan BOP karena gak dapet beasiswa lagi untuk semester itu. Mungkin karena IP semester sebelumnya untuk syarat beasiswa juelek banget, jadi gak lolos seleksi. Hihihihi semester berapa itu, saya lupa, pokoknya IP saya dua koma gitu deh