Skip to main content

Yakinlah, Semua Indah pada Waktunya



Wisuda? alah itu hal biasa, pikirku. Saat itu aku santai-santai aja, bahkan jika harus menunda wisuda, rasanya tak apa. Pertama, ada tanggung jawab moral untuk nungguin dia, gak enak kalo wisuda duluan, padahal dia belum pendadaran. Dia? siapa sih? Yaps, dia adalah partner skripsian saya. Waktu saya sidang duluan aja, saya gak tega sebenernya, sidang duluan sedang dia masih berkutat dengan analisis. Pasca saya sidang, saya pun bisa membaca wajahnya yang begitu sedih dan mungkin marah, karena itulah setelah sidang saya justru sibuk nyariin dia yang entah ilang kemana. 

Tapi, kalo saya gak segera yudisium, itu berarti harus bayar SPP lagi, saya sungkan kalo harus minta orang tua buat bayar SPP lagi, apalagi di semester delapan saya harus bayar SPP dan BOP karena gak dapet beasiswa lagi untuk semester itu. Mungkin karena IP semester sebelumnya untuk syarat beasiswa juelek banget, jadi gak lolos seleksi. Hihihihi semester berapa itu, saya lupa, pokoknya IP saya dua koma gitu deh. 

Setelah ngobrol dan dia oke, saya pun ngebut ngurusin syarat yudisium. Dihari terakhir yudisium, barulah kelar urusannya dan langsung juga saya daftar untuk acara wisudanya.

H-6 wisuda, saya justru operasi kecil untuk ngambil bulu-bulu yang ada di telapak kaki. Dua minggu sebelumnya, tanpa sengaja saya menginjak entah apa yang berbulu-bulu, sepertinya itu bagian dari pohon waru. Bulu-bulu hitam lembut tajam yang buuuuanyak sekali menempel di telapak kaki. Setelah dua minggu diobati dan tak kunjung hilang, bekas bulu-bulu di bawah kulit ari justru berair, tapi permukaannya fine-fine aja. Lalu, oleh dokter di puskesmas, di rujuk ke poly bedah, untuk diambil. Setelah dapat surat rujukan, saya langsung ke RSUD Kota Magelang. Dasar gak teliti, saya gak baca surat rujukannya. Karena sakitnya cuma gatel, saya pede aja langsung ke Poly Kulit, tanpa baca surat rujukannya. Ndilalah, poly kulit tutup, dan saya pulang lagi. Sampai di rumah, baru kubaca, ternyata salah Poly 😂😂😂

Hari berikutnya saya balik ke RSUD. Waktu itu daftar pake BPJS. Eh, ternyata ribet, BPJS saya belum diperpanjang secara berkala dan itu artinya saya gak bisa pakai sebelum diurus dulu. Ngurusnya mesti minta surat keterangan aktif kuliah, lah mana bisa? orang udah yudisium dan tinggal besok diwisuda. Akhirnya ngeluarin dompet, ngerogoh kocek sendiri untuk biaya pendaftaran sebagai pasien umum. Kelar daftar saya antri di Poly. Tenang-tenang aja waktu itu, soalnya sama dokter di puskesmas, katanya bakal diambil dikit doang, pakai laser lagi, jadi gak krasa sakit. Tapi ternyata, ngambilnya manual. Aku liat susternya pegang pisau bedah, telapak kakiku dibersihkan pakai alkohol, terus perawat yang lain mulai menyuntik telapakku dengan bius, disuntik bertubi-tubi, dari yang tadinya kerasa kaya digigit semut berkali-kali, sampai gak krasa lagi kaki lagi diapaain. Pas pisau bedah nempel dikulit, errrr ngegirisi. Aku gak tega liat darah berkucuran dari telapak kaki, sejak pisau bedah menyayat-nyayat, aku sudah tak peduli dengan apa yang dilakukan para suster itu. Hanya berdoa dalam-dalam, semoga cepet kelar. Lalu kakiku seperti ditarik-tarik, errrr ternyata dijahit. Aku kaget, kok jahitnya lama bener. Jadi penasaran, "Bu, itu dijahati berapa ya, kok gak selesai-selesai?" "Cuma tujuh kok". What??? cuma tujuh? perasaan sakitku ini gak serius-serius amat, kenapa sampai jahit tujuh sih??? Aku gueting sendiri.

Kelar dioperasi, sama bagian rekam medis dikasih slip untuk pembayaran dan ambil obat kebagian farmasi. Karena aku datang sendiri ke poly bedah, pasca operasi ya harus ngurus semua sendiri. Keluar dari Poly all is well. Aku bisa jalan dengan normal, hanya ngerasa ada benda asing yang bikin kakiku terasa tebal: perban. Aku bayar ke kasir, lalu ambil obat. Setelah itu, barulah, kakiku mulai gak kerasa, sepertinya efek bius sedang bekerja sempurna. Jalan is oke, tapi gimana ceritanya mau oper gigi motor kalau telapak kaki aja "gak sadar diri" masih dibawah pengaruh bius? Tuing-tuing-tuing. Aku mikir gimana caranya pulang dan motor juga bisa sampai rumah. Jalan terakhir, aku telpon adekku, aku minta dijemput di RSUD. Lalalalala~~~ akhirnya dijemput.

Setelah dua jam, hwaaaa biusnya udah gak bekerja. Perihnya tu dikaki! Jalan juga gak bisa, sakit banget buat nelapak. Hari itu adalah H-6 wisuda, tepatnya tanggal 14 Agustus. Tanggal 17, harusnya kontrol, tapi karena tanggal merah, di defer ke tanggal 18. Dan sampai tanggal 18 itu, aku masih belum bisa jalan dengan normal. Jalan bisa, tapi kayak kangguru loncat-loncat hahahaha. Padahal tanggal 19 itu wisuda, dan tanggal 18nya aku masih belum bisa jalan. Sampai aku bilang ke Ibu, "Bu, kalo aku masih gak bisa jalan, gak usah ikut wisuda gak papa ya?" Dan tahukah kamu apa respon Ibuku? Beliau marah. Gak mau tahu pokoknya Ibuku pengen dateng kewisudaan. Masak udah kuliah lama-lama, yang ditunggu wisudanya, eh malah gak mau dateng wisuda ki piye. Ibuku gak mau lagi diajak ngobrol, udah bete sama aku yang operasi gak bilang-bilang, dan H-1 masih gak bisa jalan.

Tanggal 18 pagi, dianter my super hero buat kontrol. Masih inget banget, hari itu adalah puncaknya sakit. Pueeerih luar biasa saat kaki digerakkan. Karena kesiangan, dapet parkirannya jauh dari poly, dan aku gak bisa jalan sampai jarak jauh. Tiap beberapa langkah yang ada mringis-mringis doang, nahan kaki yang rasanya kaya disayat-sayat. Belum sampai poly udah gak kuat lagi ni kaki. Mungkin dia iba liat saya, terus saya digendong sampai poly 😭 Dia juga yang ngurus pendaftaran dll. Masuk ruang periksa, sungkan kalo digendong lagi, saya loncat-loncat deh. Eh, sama dokternya malah dibecandain. "Masih pengen lomba balap karung ya mba?" Hmmm dokternya belum move on dari Agustusan deh, aku pun cuma melempar senyum kecut ke dokternya. Lagi sensi saya Pak Dokter, jangan dibecandain 😜 Dokternya tau diri, terus buru-buru nulis resep setelah kontrol kelar.

Lagi-lagi dia yang ngurus semuanya. Termasuk yang ngebayarin. "Mba sist, duitnya kurang, kenapa tadi cuma ngasih seratus ribu???? ini obatnya aja dua ratus ribu satu macem." Dia geregetan karena harus bayarin. Yeeee siapa yang sangka bakal semahal itu, waktu operasi saja operasi plus obatnya cuma seratusan ribu. Kenapa sekarang cuma kontrol dan ambil obat bisa hampir tiga kali lipatnya??? Kuminta resepnya, aku pun terbelalak, busyeeet, kenapa obat jenis yang sama bedanya jauh banget. Nasi sudah menjadi bubur, obat sudah ditebus, ya sudah mari pulang saja, nanti uang kuganti broooo! Ikutan sebel hahahaha.

Sampai rumah, kucek lagi, waw obatnya dosis tinggi. Kemarin pasca operasi cuma dikasih dosis 60mg, sekarang dosisnya 500mg. Sempet horor waktu mau minum, trus konsultasi dulu ke temen farmasi, eh kok malah lebih serem info yang kuterima. Haishhhh. Bismillah wis, siang itu kuminum obatnya. Sambil udah pasrah banget, kalo masih gak bisa jalan, ikhlas deh besok gak dateng wisuda, semoga saja Ibu juga ikhlas.

Pas minum obat dosis tingginya, kakiku itu sampai geter-geter. Haduh, ini efek aku yang lebay, atau emang efek dosis tinggi aku juga gak ngerti. Amazingnya, dua jam pasca minum obat, udah gak kerasa lagi perihnya. Aku bisa jalan! Alhamdulillah. Tapi, selang delapan jam, kakiku balik perih lagi. Karena jamnya minum obat lagi, setelah minum obat perihnya ilang lagi.

Karena sudah bisa jalan, malamnya aku langsung tolak ke Jogja. Lagi-lagi dianterin my super hero plus si ganteng. Diantarlah aku ke pogung, karena malam itu numpang nginap tempat mba Lita. Setelah naruh barang, dianter lagi ke kos Tika, ambil toga. Next balik lagi ke kos mba Lita.

Paginya, mba Lita yang urus semua. Nganteri bahkan nungguin dandan hihihi,terus nganterin juga ke GSP. Wkwkwkwkwk dasar B blood type, suante ngeeeet, datang wisudaan aja telat. Mba Lita yang A blood type malah yang panik. Dia motoran kenceng ngeeet, lupa apa ya, kalo yang di belakang ini gak bisa dihempas angin, nanti bisa rusak dandanannya 😂😂 Sampai GSP bingunglah aku, karena gak ngerti mana barisan MIPA, gak ngerti juga aku duduknya di kursi norom berapa. Seriusly aku gak ngerti karena semua orang yang aku titipin buat ngliatin nomor kursiku lupa semua, dan tau kan kalau aku gak ikut gladi bersih wisuda. Sampai di GSP kulihat yang warna samirnya sama, ngek, udah nyusup, ternyata salah liat. Item kok bisa-bisanya dilihat jadi biru. Trus keluar barisan lagi, dan nemu barisan dengan samir warna biru, yes ketemu rombongan anak MIPA. Tapi tapi tapi, gak ada yang kukenali, efek riasan, semua jadi beda, aku gak kenal si-A si-B. Hmmmm. Yaudah, akhirnya aku lari kebelakang sendiri aja, yang penting mah udah di barisan MIPA. Helllow, aku udah bisa lari sahabat Sophie, Alhamdulillah ya efek dosis tinggi dan kuasa Allah 😊

Pas lari, tiba-tiba ada yang melambaikan tangan sambil neriakin dari barisan MIPA, "Woi Sar, ngapain kamu?" "Telat nih, eh kamu siapa ya?" wkwkwkwk maaf efek gak pakai kacamata juga "Titin, Sar." "Owalah, Titin, Tin, Fisika nengdi yo barisane?" "Ngarep Sar, mlayuo wae!" "Oke, Tin, suwun yo." Aku pun lari ke depan, tapi kok gak bisa mbedain, mana temen-temen fisika dan prodi lain. Hahahaha sesat juga sih, udah tau silindris tapi gak pakai kacamata 😜 Pas lagi celingukan, dipanggillah sama Zizah, "Sar, sini Sar, kamu dibelakangku barisnya." Alhamdulilah, drama cari barisan happy ending juga.

Dan selama prosesi wisuda yang paling bikin deg-degan adalah pas disuruh maju nerima ijazah. Aku takut kalo perihnya datang lagi dan aku gak bisa jalan, soalnya aku belum minum obat paginya. Alhamdulillah, pas dipanggil aku masih dibawah pengaruh obat dosis tinggi, dan tentunya kemurahan Allah juga. Pas maju, sama sekali gak keliatan pincang, apalagi loncat-loncat kaya kangguru. Alhamdulillah. Begitu selesai prosesi wisuda, beeehhhh perihnya datang lagi. Turun tangga GSP itu bisa lama banget. Tiap satu tangga berhenti sambil mringis-mringis nahan perih. Kelar menuruni anak tangga, aku jalan ke perpus sambil tertatih-tatih, dan pas mau balik lagi ke MIPA, aku udah gak sanggup jalan lagi. Orang tuaku kusuruh ke MIPA dulu aja, karena aku gak mungkin jalan dari GSP sampai MIPA, sakit bangeeeeet. Kutelponlah mba Lita, aku minta dijemput di GSP. 

Sampai MIPA, udah gak fokus ngikutin acara wisuda Fakultasnya. Mana Ibu ngeWA terus, "Iniloh yang kemelud pada dipanggil, kamu kok gak keliatan dimana?" Hiks hiks hiks aku diluar Ibu, menahan perih. Terus pas namaku disebut, aku tak ingin mengecewakan Ibuku, ya sudah dengan tertatih dan ngempet perih aku jalan masuk ke ruang A1. Tau deh itu model jalan ku kayak gimana. Dan kelar acara di MIPA, udah gak kepikiran mau foto atau apa, pengen cepet pulang buat minum obat 😭

H-6 sampai H-1 wisuda yang udah pasrah dengan keadaan, hanya bisa berdoa semoga ada kemurahan dan kuasaNya. Alhamdulillah, semua indah pada waktunya, di injury time, Allah memberikan hadiah terindah: bisa jalan. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan? 

Inilah cerita wisudaku yang ngenes tapi amazing banget! Betapa Allah itu sayaaaaang banget sama aku. Masih gak percaya kalo semua indah pada waktunya? Cukupkan dengan patuh pada perintah dan sunnahnya, sisanya biar Allah yang urus. #ngomongkekaca

Anyway thank you so much to my super hero: my lil brother 😘


-------------
Pengen posting foto ini karena kangeeen, sekalian aja cerita behind the scene dari foto ini.
-------------

Comments

Popular posts from this blog

Resume Tafsir QS Al Mulk Ayat 1-4 Tafsir Al Azhar

Setelah membaca tafsir Al Azhar pada bagian surat Al Mulk ayat 1-4, ada beberapa hal yang aku highlight. Aku tulis di sini agar lain waktu bisa dibaca kembali resumenya. Semoga juga bermanfaat untuk pembaca 🤗 1 . Mahasuci Dia yang di dalam tanganNya sekalian kerajaan dan Dia atas tiap-tiap sesuatu adalah Maha Menentukan. Kekuasaan yang kekal hanyalah milik Allah. Sedang kekuasaan yang ada pada manusia (jabatan/amanah) hanyalah pinjaman dari Allah. Kapan saja bisa Allah ambil. Karena itu sangat rugi jika kekuasaan digunakan untuk keburukan. Allah maha penentu segala sesuatu yang di langit dan di bumi. Di sini relate juga dengan sains, bahwa dengan menggali rahasia alam semesta kita bisa mendapat pengetahuan tentang segala yang dilihat, didengar, dan diselidiki. Sehingga semakin paham juga mengenai takdir. Bahwa alam semesta ini Allah takdirkan mengikuti ketentuan Allah, saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Segala sesuatu Allah ciptakan dan atur mengikuti sunatullah. Seperti ra

Filosofi Pupus: Hakikat Pupus adalah Bertumbuh

Assalamu'alaikum Sahabat Sophie 😉 Hakikat pupus adalah bertumbuh Kadang aku geli sendiri sama hal-hal yang datang dan pergi tanpa permisi. Datangnya bikin terkejut bahagia, tapi siapa sangka kalau perginya bikin lebih terkejut lagi. Apa iya hidup sebercanda ini? Kadang aku sampai mikir kaya gitu. Meskipun sampai saat ini masih meyakinkan diri, Nggak kok, hidup nggak sebercanda itu, pastilah ada yang sedang Ia rencanakan. Kamu nggak ngerti aja mekanisme kerjaNya untuk memberikan yang terbaik versiNya. Benar-benar unpredictable dan waw banget gitu loh. Maka benar adanya, kita sebagai seorang hamba, harus terus meminta, agar diistiqomahkan dalam menjaga hati, karena hati kita bisa saja berbolak-balik. Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi 'alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu) Selanjutnya, bagaimana kita menjaga hati dan diri agar tak gentar. Seperti lirik lagunya Abbey dan Zoe bareng Bapaknya yang berjudul Pel