Skip to main content

Taman Baca Masyarakat Iqra'

Assalamu'alaikum sahabat sophie~~~~
Apa kabar malam ini?? semoga senantiasa sehat ya, sehat jasmani dan rohaninya, aamiin :)
Beberapa hari ini saya kena sindrom mala-rindu nih hiks hiks hiks.. apalagi si facebook nyebelin banget, kenapa memunculkan kenangan-kenangan lalu sih? Jadi tambah memburuk kan kangennya >.<

Tapi Alhamdulillah, sekarang udah mendingan, setelah tadi Ibu membalas chat WA ku, kemarin lagi sibuk kali ya, karena lagi ngurusin pramuka, Bapak juga.

Dan yang bikin happy adalah kiriman foto ini, makasih Ibuuuu :*
Sekalian cerita dikit ya sahabat sophie tentang foto ini, check it out!

Kiriman dari Ibu tadi sore :) 
Di dusunku, aku adalah orang yang paling tidak terkenal di mata anak-anak. Bahkan, saking parahnya, ponakanku sendiri, dia ngajakin aku kenalan sist! "Mba, Mba siapa namanya? Rumahnya mana?" Plis ya dek, rumah kita hadap-hadapan loh, cuma dipisahkan sama jalan kampung doang, segitu lupanya sama saya? Terus ponakanku yang lain lagi, sok akrab banget dia, ngintil masuk rumah, terus liat foto keluarga, bisa-bisanya dia bilang, "Mba, Mba istrinya mas Kiki ya?" Heloow selupa itukah denganku? Aku kakaknya bukan istrinya -____- Perasaan aku sering banget pulang deh, paling gak ya sebulan sekali, masak sampai lupa sih sama aku? Atau karena keseringan pulang sehari dua hari doang di rumah, terus lama di rumah jadinya malah kaya orang asing? Aku pun tak tau :'(

Karena peristiwa itulah, saya menyusun rencana strategis, biar eksis dikalangan anak-anak, terutama sih dimata ponakan sendiri *emot apa yang pas? loh malah tanya hahaha* Selain itu, saya juga pengen mengenang masa kejayaan, ketika saya berhasil bikin taman baca dan dapat banyak duit saat itu. Saya merasa kalah saja dengan Sarah jaman SD. Saat masih di Sekolah Dasar, saya berhasil mengumpulkan buku bacaan dan menyusunnya menjadi taman baca. Setiap pulang sekolah selalu ramai didatangi kawan-kawan saya, sampai akhirnya tercetus untuk memungut rupiah dari setiap buku yang dipinjam dan dibawa pulang. Bukannya matre ya, tapi biar bacanya kalo bisa di tempat saja, saya kan takut kalo bukunya ilang, was-wasnya anak SD hehehe.

Akhirnya, liburan kemarin, saya bongkar-bongkar gudang, dan menemukan harta karun semasa SD. Saya dapati kardus-kardus yang berisi buku-buku untuk anak-anak. Lumayan, masih bagus kondisinya, dan tentunya masih layak untuk dibaca kembali. Saya bersihkan satu-satu dari debu yang menempel, lalu saya data lagi, buku apa saja yang saya temukan. Saya relakan dua rak buku saya untuk diturunkan -itu saya ngankut sendiri loh dari lantai dua, my lil brother lagi males ngebantuin-, dan buku-buku -kuliah- saya gantian masuk kardus. Teras bagian utara yang saya pilih, biar aman dari hujan juga burung-burung dara yang sampai sekarang masih enggan untuk pindah tempat bobok. Mereka masih nyaman di atas atap kamar saya. 

Dengan penuh suka cita dan semangat, saya tata sedemikian rupa. Dinding sebelah utara saya tempeli gambar-gambar hasil melukis dulu, juga beberapa tulisan motivasi, serta foto-foto kegiatan IMM bareng anak-anak di dusun saya dulu. Orang-orang yang melihat saya, mereka terheran-heran, mungkin mereka berfikir, ngapain ini orang kurang kerjaan? Bukannya cari kerja malah tiap pagi asyik mbersihin buku dan nata rak. Lama-lama saya pun kebal dengan pertanyaan dan tatapan mereka hehehe. Ya, saya sih memakluminya, karena di kampung saya ini tidak ada orang nganggur, bahkan kalau anaknya sudah tidak mau sekolah, mereka ya harus kerja. Eh, tapi sahabat sophie, sebenernya saya juga kerja, kerjaan saya mainan HP buat jualan online waktu itu. Kerjaan saya memang main mulu sih ya, jadi dianggapnya gak kerja. Kalau di data nih ya, sebagian kerjaan saya selama liburan *ceilah bahasanya liburan :p* adalah ikut pelatihan-peltihan di Badan Lingkungan Hidup Kab. Magelang, main bareng ibu-ibu aktivis Magelang Peduli Lingkungan, main sama ibu-ibu PKK se Desa Banjarnegoro, main ke Setumbu ikut aksi tanam pohon, main sama adek-adek di sekolahnya Ibu sambil ngajarin mereka nggambar, jadi tukang cat bahkan tukang kebun juga di sekolahnya Ibu. Menurut saya itu kerja, kalau menurut mereka ini bukan kerja, ya saya bias apa ~,~

Oke, kembali ke motif awal ya, untuk menunjukkan eksistensi dihadapan anak-anak, rupanya taman baca super mini saya ini berhasil menarik perhatian mereka. Awal-awal hanya dua tiga anak, itu pun ponakan saya yang minta kenalan tadi itu. Terus saya komporin mereka, untuk memberitahu temannya kalau ada taman baca, siapa saja boleh membaca disini. Dan berhasil... berhasil.. horee!! *ala DORA* Setiap hari bertambah pembacanya. Lalu pekan kedua saya beri buku absen, biar saya tahu, siapa saja yang berkunjung, dan buku jenis apa yang mereka gemari.

Namun, eksistensi saya pun masih parah. Suatu hari, saya pulang dari bepergian, dan masuklah ke halaman, saat itu banyak sekali yang sedang membaca, melihat kedatanganku, apa coba yang mereka lakukan? Mereka berteriak, eh ada mbaknya ada mbaknya, ayo kaburrrrrr!!!! Dan tak satupun yang tinggal disitu. Semua lari ketika melihatku datang. Hmmm, aku hanya terdiam membisu. Jadi salting sendiri. Mbok pikir aku nenek sihir apa? Dan hanya bisa tersenyum kecut sambil pegel. Lelah hati beneran aku dek~~~. Kejadian itu bikin aku pengen ngaca di depan cermin gede deh, emang aku tampang galak po dek? *macak galak*

Lalu, saya coba pelan-pelan masuk ke dunia mereka. Saat mereka asyik baca, saya sapa satu-satu. Sebelumnya saya udah kepo ke keponakan, yang itu namanya siapa sih, kalo yang itu? Rumahnya mana, anaknya siapa, kelas berapa? Dan itu jadi bahan obrolan dengan mereka. Sok kenal sok dekat gitu sama mereka. Awalnya, masih keliatan mereka takut sama aku, tapi lama-lama cair juga.

Oh iya, lagi-lagi karena foto-foto bareng mereka ada di laptop yang di rumah, saya cuma punya seuprit ini. Kualitasnya pun jelek, karena saya salah ngopi hehehe. Tapi cukuplah mengobati rinduku sama mereka *asek*


Taman baca yang masih seuprit hahaha :D

Oh ya Sahabat sophie, selain misi tadi, misi utama saya adalah untuk mengajak adek-adek ini gemar membaca. Melihat latar belakang mereka yang sebagian besar orang tuanya adalah buruh, membaca bukanlah hal urgent yang harus ditanamkan pada anak-anak. Mereka mungkin sudah tidak sempat lagi untuk megarahkan anaknya membaca, apalagi mau memfasilitasi buku agar mereka semakin semangat membaca. Kalau hanya slogan dan teriak lantang  "Ayo Membaca!" mungkin itu mudah, tapi hasilnya pasti nol, karena untuk membaca juga butuh fasilitas, yaitu buku itu sendiri. Kalau buat makan aja pas-pasan, mana kepikiran kan untuk beli buku? Karena prihatin juga sayang banget sama adek-adek ini, saya kumpulkan niat -yang sering timbul tenggelam ini- dan aksi nyata untuk membuat taman baca. Nama taman bacanya masih sama dengan taman baca sewaktu saya SD dulu, Taman Baca Masyarakat IQRA'. Bedanya sekarang ada tambahannya masyarakat, harapannya, taman baca ini bisa dikelola sama masyarakat, masyarakat juga peduli dengan adanya taman baca ini. Hal terkecil yang bisa kita lakukan bareng adalah dengan mengajak anaknya membaca, Alhamdulillah untuk tahap ini sudah mulai terasa capaiannya. Setelah pulang sekolah, para orang tua biasanya menyarankan anaknya untuk tidak bermain jauh-jauh, tapi disarankan bermain di taman baca saja, basa aluse sih dikon moco, begitu sahabat sophie. Sebuah kebahagiaan ketika orang tua mulai tumbuh kesadaran untuk mendorong putra putrinya membaca. Nah, tahapan selanjutnya yang masih berada di angan-angan nih, karena kemarin belum sempat terlaksana, yaitu mendorong masyarakat untuk turut sedekah buku. Bisa buku bekas maupun buku baru. Sudah saya buatkan proposalnya, tapi saya belum sempat jalan dan menshare proposal ini. Saya sudah nembusi ke Pak Camat Mertoyudan juga, karena sempat dua kali bertemu dengan beliau di acara Lomba Bank Sampah dan Musyawarah Cabang Muhammadiyah dan Ortom. Sayangnya beliau belum gercep hehehe. Buat sahabat sophie nih, kalau mau ikut sedekah buku, boleh lah ninggalin jejak di bawah, nanti saya follow up #eaa

Betapa bersyukurnya ya saya dulu, sering diajak Ibu untuk beli buku, walaupun buku-buku saya ini bukan buku baru. Hampir semua koleksi buku-buku saya adalah hasil beli di toko loak. Bahkan buku pelajaran saya semasa SD juga belinya di pasar loak. Sayang sekarang sudah tidak ada lagi pasar loak yang menjual buku-buku bekas. Dulu surga banget deh pasar loak Magelang, buku jenis apapun ada, bahkan banyak juga yang masih bagus-bagus. Dan setelah saya hunting, akhirnya nemu juga toko loak, toko ya bukan pasar :D Ada satu toko yang khusus menjual buku-buku bekas. Sayangnya, ribet banget, milihnya harus jeli, harus pinter-pinter milih mana yang sekiranya layak baca untuk anak-anak. Anyway makasih ya Hesti, atas infonya tentang toko buku bekas ini :)

Selain buku-buku dari pasar loak, saya juga punya beberapa koleksi buku baru, cuma beberapa doang sih, gak sebanyak buku bekasnya hehehe. Buku-buku yang baru ini saya dapat dari hasil ngirim gambar ke majalah atau koran. Dulu beberapa kali saya ngirim ke koran wawasan dan majalah NEKA (majalah jaman saya TK, entah sekarang masih ada atau sudah punah saya juga gak tau, cover majalahnya yang gambar monyet itu loh, adakah yang tau?) Reward kalau gambarnya dimuat adalah paket buku cerita dan komik dari Mizan! Sejak saat itu, saya jatuh cinta dengan kantor POS. Semangat bingit kalo ke kantor POS, semangat lagi kalo dapet paket dari kantor POS hehehe.

Sebenernya sih saya lebih suka buku baru, liat sampulnya yang menawan aja udah nagih banget buat membacanya. Cuma, karena low budget, ya gimana caranya dengan uang yang segitu bisa dapat buku sebanyak-banyaknya. Awalnya paling gak sebulan sekali saya beli buku baru -walaupun bekas-, biar ada koleksi baru di taman baca, biar adek-adeknya gak bosen juga. Tapi, karena satu dan lain hal, agenda menambah koleksi pun mandeg menjelang saya pergi. Yang paling sedih juga nih, belum sempat bikin pengurus taman baca, eh udah riweh ngurus dokumen ini itu dan keburu berangkat. Endingnya cuma nitip ke mba Finda secara kultural aja, semoga deh ya, disela-sela kesibukan mba Finda ngajar, masih sempet buat nengok atau sekedar ngrapiin bukunya :)

Lagi seru baca :)

Dan, ada yang lucu dan menggelitik juga nih sahabat sophie tentang adek-adek yang wabiasyah itu. Suatu hari, datanglah tiga sekawan, mereka imut-imut gitu, masih belom sekolah semuanya. Cuma, semangat bacanya harus diacungi jempol deh. Dari balik jendela aku memperhatikan mereka, dan aku terpana pada sosok kecil, Resti. Dia membaca dengan sangat lantang dan lancar. Kaget dong, belum sekolah kok bacanya lancar jaya gitu, aku SD aja masih belajar baca ini ibu Budi :D Terus aku dengarkan dengan cermat, sambil kuperhatikan buku apa yang sedang dia baca. Lama-lama saya merasa ganjil nih, perasaan saya gak punya buku cerita yang isinya tentang penyihir jahat dan gajah berbelalai besar. Terus saya amati lebih dekat lagi dari balik jendela, setelah sadar, saya hanya bisa tersenyum sambil ngempet ketawa, biar gak ketahuan kalo lagi mata-matain. Tau gak sih sahabat sophie, adek Resti ini ternyata ngarang indah dia. Buku yang dia bawa aja ceritanya tentang seorang anak yang berhasil jadi peternak sapi. Waktu baca, bukunya aja kebalik. Tapi saya kagum, bocah sekecil dia bisa bernarasi dengan daya hayalnya yang liar itu secara gamblang dan lancar. Meski hayalannya terkadang terlalu ekstrim, setelah selesai cerita tentang A loncat ke F terus loncat lagi ke Z dan balik ke K. Tapi mendengarkan ceritanya saya sangat kagum dan terhibur. Bakat kamu Dek jadi pendongen ulung!

Dan tadi, waktu ibu ngirim foto ini, ibu juga cerita tentang hal yang sama. Kalau Alina baca buku tentang raksasa pohon kacang, bukunya bahasa Inggris, tapi yang terlontar dari mulutnya tentang ayam yang kembali ke rumah. Warbiasa kan, walaupun belum bisa baca saja, mereka mampu berimajinasi dari gambar yang mereka lihat. Mereka justru punya kisahnya sediri dari buku-buku yang mereka baca. Selama imajinasinya masih dalam batas aman oke, tapi ayolah baca belajar baca juga adek-adek, biar gak salah tafsir kalo baca buku pelajaran :D Berabe nanti jadinya kalo semua ditafsirkan secara bebas menurut imajinasi saja hehehe.

Semoga bermanfaat ya bukunya! Ayo belajar baca, seru loh kalau kamu bisa baca, dijamin ketagihan buat baca lagi dan lagi deh! Semangat membaca juga buat yang udah lancar bacanya. Jangan lupa dirapiin lagi ya habis baca buku. Buat sahabat sophie, ayok sedekah buku! hehehe tetep ya endingnya minta buku :) 

Salam kangen dari aku adek-adek semua~~~~ mumumu kangen kalian yang gak pernah manggil namaku kalo pas lagi panen jambu. Ya begitulah nasib orang yang gak tenar. Yang di rumah aku, yang dipanggil dan dimintai ijin kalo mau minta jambu mesti mas Alif sama mas Kiki. Oke, aku rapopo~~~ 



Comments

Popular posts from this blog

Resume Tafsir QS Al Mulk Ayat 1-4 Tafsir Al Azhar

Setelah membaca tafsir Al Azhar pada bagian surat Al Mulk ayat 1-4, ada beberapa hal yang aku highlight. Aku tulis di sini agar lain waktu bisa dibaca kembali resumenya. Semoga juga bermanfaat untuk pembaca 🤗 1 . Mahasuci Dia yang di dalam tanganNya sekalian kerajaan dan Dia atas tiap-tiap sesuatu adalah Maha Menentukan. Kekuasaan yang kekal hanyalah milik Allah. Sedang kekuasaan yang ada pada manusia (jabatan/amanah) hanyalah pinjaman dari Allah. Kapan saja bisa Allah ambil. Karena itu sangat rugi jika kekuasaan digunakan untuk keburukan. Allah maha penentu segala sesuatu yang di langit dan di bumi. Di sini relate juga dengan sains, bahwa dengan menggali rahasia alam semesta kita bisa mendapat pengetahuan tentang segala yang dilihat, didengar, dan diselidiki. Sehingga semakin paham juga mengenai takdir. Bahwa alam semesta ini Allah takdirkan mengikuti ketentuan Allah, saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Segala sesuatu Allah ciptakan dan atur mengikuti sunatullah. Seperti ra

Filosofi Pupus: Hakikat Pupus adalah Bertumbuh

Assalamu'alaikum Sahabat Sophie 😉 Hakikat pupus adalah bertumbuh Kadang aku geli sendiri sama hal-hal yang datang dan pergi tanpa permisi. Datangnya bikin terkejut bahagia, tapi siapa sangka kalau perginya bikin lebih terkejut lagi. Apa iya hidup sebercanda ini? Kadang aku sampai mikir kaya gitu. Meskipun sampai saat ini masih meyakinkan diri, Nggak kok, hidup nggak sebercanda itu, pastilah ada yang sedang Ia rencanakan. Kamu nggak ngerti aja mekanisme kerjaNya untuk memberikan yang terbaik versiNya. Benar-benar unpredictable dan waw banget gitu loh. Maka benar adanya, kita sebagai seorang hamba, harus terus meminta, agar diistiqomahkan dalam menjaga hati, karena hati kita bisa saja berbolak-balik. Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi 'alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu) Selanjutnya, bagaimana kita menjaga hati dan diri agar tak gentar. Seperti lirik lagunya Abbey dan Zoe bareng Bapaknya yang berjudul Pel

Yakinlah, Semua Indah pada Waktunya

Wisuda? alah itu hal biasa, pikirku. Saat itu aku santai-santai aja, bahkan jika harus menunda wisuda, rasanya tak apa. Pertama, ada tanggung jawab moral untuk nungguin dia, gak enak kalo wisuda duluan, padahal dia belum pendadaran. Dia? siapa sih? Yaps, dia adalah partner skripsian saya. Waktu saya sidang duluan aja, saya gak tega sebenernya, sidang duluan sedang dia masih berkutat dengan analisis. Pasca saya sidang, saya pun bisa membaca wajahnya yang begitu sedih dan mungkin marah, karena itulah setelah sidang saya justru sibuk nyariin dia yang entah ilang kemana.  Tapi, kalo saya gak segera yudisium, itu berarti harus bayar SPP lagi, saya sungkan kalo harus minta orang tua buat bayar SPP lagi, apalagi di semester delapan saya harus bayar SPP dan BOP karena gak dapet beasiswa lagi untuk semester itu. Mungkin karena IP semester sebelumnya untuk syarat beasiswa juelek banget, jadi gak lolos seleksi. Hihihihi semester berapa itu, saya lupa, pokoknya IP saya dua koma gitu deh