Skip to main content

Idul Adha Penuh Warna

Kalau dengar kata idul adha, apa sih yang terlintas dalam benakmu sahabat Sophie? Daging kambing ya? Sama dong kalau gitu. Tos dulu yuk ah.

Tapi, ada hal lain juga nih, bahkan banyak yang bertebaran diotakku saat ini. Idul Adha itu begitu spesial. Ada banyak cerita di setiap idul adha yang pernah kulalui. 

Tahun ini, in sya Allah merayakan idul adha bersama teman-teman rantau di Longgang. 

Kalau setahun lalu, saya merayakan Idul Adha di rumah. Bersama Bapak, Ibu, Alif, juga warga di kampungku. Kami berbondong-bondong ke tanah lapang untuk solat ied, lalu dilanjutkan menyembelih dan memotong-motong daging kurban dengan suka cita di halaman masjid Al Hidayah. Usai membagikan daging kurban ke seluruh warga kampung, kami pun makan bersama. Sederhana memang acaranya, tapi momen kebersamaannya yang membuat kami semua bahagia. Haduh, jadi kangen rumah~~~.

Dua tahun lalu, saya merayakan Idul Adha di Kokap, Teganing III, Kulon Progo. Penuh perjuangan banget tuh buat sampai TKP, jalanan yang nanjak-nanjak, tepinya jurang, dan sempit harus kami lewati. Nah saat keberangkatan, konyol banget deh saya. Pakai acara keplorot. Karena kami jalan beriring-iringan, saat itu di tanjakan curam ada motor yang mendadak ngerem, nah saya pas banget di belakangnya, reflek saya rem juga motornya. Naasnya, motor saya justru mati dan mlorot kebawah, mana saat itu, saya jalan di sisi kiri yang langsung jurang dan tanpa ada pengaman atau pagarnya. Reflek juga saya teriak dan langsung turun dari motor, karena kalau saya tetep naik, bisa aja saya dan motornya yang jatuh karena gak kuat menahan otor, kalau saya turun, paling motor doang yang jatuh. Bersyukur banget, pas saya teriak, ada motor kawan saya di samping kanan, mereka boncengan, dan Ahmadi yang di belakang langsung loncat dan ngebantuin saya. Langsung deh tuh motor kukasihin Ahmadi, begitu melewati tanjakan semua badan bisa gemeteran, pengen nangis waktu itu, tapi gak bisa nangis saking takutnya. Sempat trauma dengan tanjakan, soalnya pernah ngalamin hal yang sama kaya waktu di Bukit Paralayang, tapi karena gak mungkin aku nglanjutin jalan kaki dan motornya kutinggal, yaudah memaksakan diri untuk berani. Alhamdulillah dua tanjakan berikutnya selamat dan sampailah di tempat baksos. Sampai di TKP badan masih gemeteran, tangan saya sampai dingin, katanya wajahku juga pucet banget hahaha. Sampai disuruh mukah aja puasanya, eh tapi nanggung udah mau magrib masak ngebatalin puasa cuma gara-gara takut sih.

Seperti tahun sebelumnya, di acara baksos saya kebagian jatah untuk menghandle kegiatan game anak-anak. Seneng banget deh~~~ habis dagdigdug ketakutan terus happy happy sama adek-adek disana. Dadakan juga ini temen-temen panitia ngasih jobnya ke saya. Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar dan kami pun senang bisa main bersama :)

Di hari ke dua aku begitu takjub dengan teman-teman panitia. Diacara solat ied, dari imam dan khotib semua nya dijalankan oleh panitia. Subhanallah. Luar biasa. Bahkan, ketika aku cerita ke partner kuetjeh kesayangan saya, dia pun gak percaya. Kalau kamu tahu siapa imamnya, mungkin akan sanksi juga. But he did well, very well. Dan aku baru tahu kalau mereka yang bertugas sampai gak tidur karena menyiapakan materi khotbah dan hafalan surat dulu imamnya. Warbiasyah deh kalian. Sayangnya foto-foto baksos di Kokap ada di laptop merah, jadi gak bisa upload semua. Padahal gambar bisa bercerita lebih baik. Gak papalah ya :D

Pamitan pulang sama adek-adek, sebenernya lagi meredakan nervous dan trauma sama jalannya :p
Beralih ke idul adha tiga tahun lalu. Duh, kalo inget tu jadi terharu, pengen nangis rasanya sebagai ungkapan syukur bisa bikin acara bakti sosial yang pecaaaahhhh! Meskipun rada kalang kabut persiapannya syukur Alhamdlillah acara bisa berjalan lancar, bahkan menurut subjektifitasku --karena jaman itu termasuk dalang didalamnya-- acaranya melebihi ekspektasi saya sendiri.

Baksos waktu itu diadakan di Dloko, Gunung Kidul. Waktu itu saya masih rider newbi, jadi dibonceng sama Ilma, karena teman-teman juga sanksi saya bisa motoran sendiri dengan aman  sampai Gunung Kidul :D Tau sendiri lah ya kelokan dan padatnya truk ke GK seperti apa? Dan saya mah apa, belom lincah motorannya hehehe.

Dokumen milik bersama :D
Bakti sosial dan kurban selama dua hari Alhamdulillah lancar dan masyarakat setempat juga sangat antusias. Hari pertama kami ramah tamah dengan warga, kulo nuwun dulu dengan para sesepuh desa. Sore harinya dilanjutkan pelatihan membuat nugget tempe yang dipandu teman-teman dari FTP UGM juga mini out bond untuk anak-anak. Malam harinya ada takbir keliling untuk anak-anak dan pengajian akbar. Alhamdulillah yang datang membludak. Keesokan harinya, barulah kami solat ied, menyembelih binatang kurban, membagikannya, dan mengadakan bazar pasar sembako murah dan bazar baju bekas layak pakai.

Ramah tamah & Pelatihan membuat nugget
Usai rangkaian acara bakti sosial, kami menyempatkan mampir ke Pok Tunggal. Selain melepas lelah juga untuk merefresh pikiran persiapan kuliah esok harinya.

Sebagain panitia di Pok Tunggal
Di acara baksos ini, kami juga bersyukur banget bisa dapet sponsor kaos untuk seluruh panitia. Sungguh, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan?

Dan ada hal konyol juga sebenernya dibalik baksos tiga tahun lalu itu. Kekonyolan pertama biarlah saya dan Allah yang tahu. Kekonyolan kedua adalah, setelah main air laut, saya dan Ilma nekat gak ganti baju. Pulang dengan baju basah kuyub. Kami lupa kalo pulang sudah petang, dan berfikir bahwa baju akan kering di jalan. Hahahaha kami lupa kalo matahari baru saja tenggelam. Mbok kira iki seh awan po nduk.. nduk... Sudah basah dan cuaca dingin, jadilah kami menggigil sepanjang jalan. Akhirnya nyempetin antri di toilet pom bensin entah dimana itu buat ganti baju dulu. Awalnya kita terdepan pulangnya, gara-gara lama antri toilet, sampai komsat paling belakang. Semua orang yang nungguin kami pun heran dan bertanya-tanya wkwkwkwk.

Adapun idul adha empat tahun lalu adalah idul adha paling dramatis yang pernah saya rasakan. Drama? Iya, tapi jangan bandingin sama drama Korea ya :p Tahun itu, idul adha di Indonesia jatuh pada dua hari yang berbeda. Hasil rukyah dan hisab wujudul hilal berbeda. Ada hikmahnya memang dari hasil yang berbeda itu, karena aku ikut solat ied berdasar hasil hisab dan bisa merayakan idul adha di rumah. Waktu itu di kampungku ketempatan sebagai lokasi bakti sosial idul adha dari UMM. Dan say menikmati rangkaian acaranya sambil mupeng, kapan bisa bikin acara seperti itu. Eh Alhamdulillah ya, tahun berikutnya ternyata bisa. Hikmah kedua adalah saya bisa ikut merayakan idul adha juga di Jogja, di tanggal 11 Dzulhijah versi hisab, saya ikut idul adha di Sendowo.

Alkisah saat itu kami tidak punya acara qurban mandiri. Kami?? tau lah ya siapa yang kumaksud :p Tapi dari pada gak ngapa-ngapain, kami berinisiatif ikut membantu warga Sendowo. Apalagi salah satu dari kami adalah takmir masjid Sendowo. Dia juga penggagas ide ini. Acaranya cuma sebentar, sebelum duhur udah kelar nyembelih sampai membagikannya. Meski sebentar kami sangat menikmati kegiatannya, apalagi masakan ibu-ibu Sendowo, hmmm yummi banget.
Trio Rizmi :D
Kami ini pun cuma berempat, iya berempat banget! trio Rizmi ditambah pak Ketua :D Setelah kegiatan kelar, selesai makan juga, kami pun pulang. Leha-leha di kos mba Riza. Nah pas sorenya, tiba-tiba pak Ketu SMS, bilang kalau dapat jatah daging dari masjid, dan jumlahnya banyak banget. Banyak ini buat ukuran anak kos loh ya, jangan bayangin banyak yang berlebihan. Waktu itu kami dapat tiga bungkus, masing-masing sekitar dua kilo daging. Dan bingunglah dia mau diapain tuh daging sebanyak itu. Hingga muncul ide untuk bikin acara baksos sederhana, yaitu bikin sate di alun-alun trus manggil anak jalanan buat makan bareng. Serius ya, tuh ide dadakan banget, bahkan kita gak siap-siap apapun, rencana tempat, bumbu, bahkan pasukan baksos pun tidak.  Yaudah kami berangkat aja, sambil kelabakan nyari bumbu yang mau dipakai, nyari angklo, areng dan lainnya. Tapi, lagi-lagi kuasa Allah itu memang dahsyat. Saat niat baik itu ada, Allah memberikan jalan dan kemudahan. Kami dipenjemi angklo, dikasih nasi putih satu baskom, sayur sebaskom juga semuanya GERATIS dari warung Bu Dapoer dan bisa dapet bumbu yang diperlukan dalam sekejab. Kami berempat berangkat, meski awalnya galau kok ya cuma berempat, lalu tambahlah tiga orang lagi. Satu anak pemilik warung Bu Dapoer Sendowo, dan yang dua teman mba Riza.

Lokasi yang kami pilih adalah Alun-alun Utara Jogja, dengan harapan disana kami bisa dengan mudah membagikan makanan dan bakar sate bersama anak jalan ataupun pengamen yang ada. Sampai di Alun-alun langsung kami membuka lapak. Tapi tak sesuai harapan, kami tak mendapati satu pun anak jalanan. Yang ada justru, maaf berandal yang nyeremin. Pak Ketu aja takut dan gak mau ngajak mereka gabung bikin sate bareng, akhirnya kami bertiga sok jagoan menggantikan tugasnya. Baru juga berapa langkah dari lapak, eh udah disiul-siulin. Hadoh parnolah kami bertiga dan langsung lari balik lagi. Pupus sudah harapan kami, karena mental kami menciut menemui apa yang ada di lapangan hahahaha.

Tapi, lagi-lagi Allah yang mempermudah semuanya. Saat kami hampir menyerah, mbakar sate sambil loyo, datanglah dua pengamen, sepasang suami istri paruh baya. Bapaknya rada serem juga, tapi kami waspada aja sih. Saat itu kami gak ngasih mereka uang, tapi ngasihnya sate, karena gak bawa uang juga hahaha. Eh satenya gak bener banget mbakarnya, dan dua pengamen itu yang malah ngeabntuin kita bikin sate. Sekalian aja, kami minta tolong beliau-beliau ini untuk memanggil teman-temannya. Kami udah gak punya nyali deh buat manggil mereka. Setelah Bapak Ibu itu membujuk teman-temannya, berdatanganlah silih berganti. Serem-serem deh mereka, ada yang mabuk juga. Alhamdulillah Allah masih melindungi kami bertujuh. Nasi, sayur, dan sate pun habis dan kami langsung cusss pulang.
Lapak sate di Alun-alun Utara Jogja, maaf ngeblur :D
Idul Adha tahun-tahun sebelumnya juga penuh warna dan banyak cerita. Sayang saya mulai lelah hahaha. Saya cukupkan dulu saja ya.

Setelah saya mereview perayaan Idul Adha yang pernah saya lakukan, ternyata banyak hikmah yang berserakan. Monggo sahabat Sophie ambil sendiri hikmahnya.



Comments

Popular posts from this blog

Resume Tafsir QS Al Mulk Ayat 1-4 Tafsir Al Azhar

Setelah membaca tafsir Al Azhar pada bagian surat Al Mulk ayat 1-4, ada beberapa hal yang aku highlight. Aku tulis di sini agar lain waktu bisa dibaca kembali resumenya. Semoga juga bermanfaat untuk pembaca 🤗 1 . Mahasuci Dia yang di dalam tanganNya sekalian kerajaan dan Dia atas tiap-tiap sesuatu adalah Maha Menentukan. Kekuasaan yang kekal hanyalah milik Allah. Sedang kekuasaan yang ada pada manusia (jabatan/amanah) hanyalah pinjaman dari Allah. Kapan saja bisa Allah ambil. Karena itu sangat rugi jika kekuasaan digunakan untuk keburukan. Allah maha penentu segala sesuatu yang di langit dan di bumi. Di sini relate juga dengan sains, bahwa dengan menggali rahasia alam semesta kita bisa mendapat pengetahuan tentang segala yang dilihat, didengar, dan diselidiki. Sehingga semakin paham juga mengenai takdir. Bahwa alam semesta ini Allah takdirkan mengikuti ketentuan Allah, saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Segala sesuatu Allah ciptakan dan atur mengikuti sunatullah. Seperti ra

Filosofi Pupus: Hakikat Pupus adalah Bertumbuh

Assalamu'alaikum Sahabat Sophie 😉 Hakikat pupus adalah bertumbuh Kadang aku geli sendiri sama hal-hal yang datang dan pergi tanpa permisi. Datangnya bikin terkejut bahagia, tapi siapa sangka kalau perginya bikin lebih terkejut lagi. Apa iya hidup sebercanda ini? Kadang aku sampai mikir kaya gitu. Meskipun sampai saat ini masih meyakinkan diri, Nggak kok, hidup nggak sebercanda itu, pastilah ada yang sedang Ia rencanakan. Kamu nggak ngerti aja mekanisme kerjaNya untuk memberikan yang terbaik versiNya. Benar-benar unpredictable dan waw banget gitu loh. Maka benar adanya, kita sebagai seorang hamba, harus terus meminta, agar diistiqomahkan dalam menjaga hati, karena hati kita bisa saja berbolak-balik. Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi 'alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu) Selanjutnya, bagaimana kita menjaga hati dan diri agar tak gentar. Seperti lirik lagunya Abbey dan Zoe bareng Bapaknya yang berjudul Pel

Yakinlah, Semua Indah pada Waktunya

Wisuda? alah itu hal biasa, pikirku. Saat itu aku santai-santai aja, bahkan jika harus menunda wisuda, rasanya tak apa. Pertama, ada tanggung jawab moral untuk nungguin dia, gak enak kalo wisuda duluan, padahal dia belum pendadaran. Dia? siapa sih? Yaps, dia adalah partner skripsian saya. Waktu saya sidang duluan aja, saya gak tega sebenernya, sidang duluan sedang dia masih berkutat dengan analisis. Pasca saya sidang, saya pun bisa membaca wajahnya yang begitu sedih dan mungkin marah, karena itulah setelah sidang saya justru sibuk nyariin dia yang entah ilang kemana.  Tapi, kalo saya gak segera yudisium, itu berarti harus bayar SPP lagi, saya sungkan kalo harus minta orang tua buat bayar SPP lagi, apalagi di semester delapan saya harus bayar SPP dan BOP karena gak dapet beasiswa lagi untuk semester itu. Mungkin karena IP semester sebelumnya untuk syarat beasiswa juelek banget, jadi gak lolos seleksi. Hihihihi semester berapa itu, saya lupa, pokoknya IP saya dua koma gitu deh