Skip to main content

Sebuah Usaha Menulis Surat Cinta

Terlalu lebay mungkin untuk judul postingan kali ini, tapi itulah semangatku! Semangat untuk menyelesaikan misi yang sudah dimulai. Berawal dari kisah klasik seoarang anak pelupa. Dihari responsi praktikum fisika -lupa apakah itu praktikum fisika modern, inti, atau praktikum yang mana-. Tuh kan belum apa-apa sudah lupa -___-. Di hari penting itu, aku lupa membawa benda keramat bernama KAL-KU-LA-TOR. Padahal, dalam setiap responsi, hitungan yang bejibun dan rumit tak bisa dielak lagi. Lalu sesuai skenarioNya, aku dipertemukan dengan seseorang yang sekarang menjadi mateLabku. Singkat cerita, beliaulah yang memperkenalkan aku dengan Sensei di Lab Non Linear Physics. Setelah ngepoin ini itu yang terkait dengan Lab Non Linear Physics dan jungkir balik di masa itu --mungkin lain waktu akan kutulis di bagian yang lebih spesial! :P-- akhirnya deal, aku sepakat untuk bergabung di Lab tersebut dan memulai riset untuk tugas akhirku.

Awal tahun 2014 tepatnya awal bulan Januari, Sensei memberikan beberapa paper dan buku yang terkait dengan tema riset yang akan aku kerjakan. Tugas dari beliau adalah untuk mempelajarinya secara mandiri terlebih dahulu. Namun, pada akhirnya aku baru bisa memulai ambil data menjelang akhir tahun karena harus menunggu alat, bahan, dan masih mencari metode yang tepat. Meski baru memulai riset, namun aku optimis bisa menyelesaikannya dengan cepat, karena menurut prediksiku, penelitian ini sangat sederhana. Saking optimisnya, sepakat sama the gengers -sebut saja begitu-, kita mau wisudaan bareng bulan Mei 2015. Tapi apa boleh dikata, skenario-Nya lebihlah indah dari rencana-rencanaku.

Perjalanan menuju Mei kulewati dengan sangat istimewa. Bermula dari libur semesteran (Januari-Februari 2015) -gak kerasa udah setahun aja- yang kuisi dengan nyicil ambil data. Alhamdulillah selesai liburan, selesai juga ambil datanya. Setelah kukonsultasikan dengan Sensei, alhamdulillah mendapat lampu hijau untuk mengmbil data lagi, karena semua video yang kuperoleh over spreading dan tidak bisa dianalisa. Lalalala~~~ coba kutenangkan diriku, semakin kumantabkan niatku untuk lebih bersungguh-sungguh dalam mengambil data. Well, untuk mendapat video yang diharapkan akhirnya metode yang dipilih adalah dengan mengganti konsentrasi larutan asamnya. Setelah coba-coba dengan berbagai variasi konsentrasi, akhirnya dua minggu kemudian bisa memulai ambil data lagi. Rutinitas berangkat pagi pulang malam untuk memperoleh data riset pun akhirnya berlaku hampir setiap hari. Alhamdulillahnya ada partner yang sayang banget sama aku, jadi lembur sampai jam berapapun selalu ditemani. Makasih ya Gian sayaaaaang :*.

Olah data untuk analisis jangkauan penyebaran asam, kecepatan penyebaran asam, dan pola korosi permukaannya pun butuh effort maksimal. Dari 32 video yang terpilih sebagai sampel, ternyata menghasilkan puluhan ribu gambar sekuen, milyaran data binari, dan kemudian aku bingung mesti ngapain dengan data-data tersebut. Cukup lama stak karena buntu, tak tau harus bagaimana mengerjakannya. Alhamdulillah Allah sayang banget sama aku, Allah mempertemukan aku dengan teman-teman Lab yang luar biasa baik dan sabarnya. Mereka berkenan mengajariku tentang ImageJ, Macro Excel, Pemrograman, Latex, dan bersedia diskusi panjang lebar terkait materi riset yang aku belum paham. 

Walaupun hampir setiap hari lembur di Lab, tiap hari dikerjakan pula, namun pada batas yudisium untuk wisuda periode Mei, olah data yang bejibun banyaknya itu belum kelar juga. Berusaha melapangkan hati untuk melepas Mei. Berlapang dada pada realita. Dan turut bahagia karena satu awak gengers wisuda periode itu. Mei pun berakhir dengan bahagia. Meski tak jadi wisuda, tapi olah data ku akhirnya bisa kelar juga.

Di bulan Juni, baru kumulai perjuangan untuk menulis sebuah surat cintanya, sebut saja begitu, biar lebih romantis :D Surat cinta ini terdiri atas enam bab. Karena Sensei tidak mau sistem cicilan, maka bab satu sampai bab enam harus kurampungkan semua baru diserahkan. Setelah bolak balik revisi, dengan coretan sana sini, bahkan ada yang baru kuberikan langsung dikembalikan dengan permintaan edit ini itu, beliau sudi untuk tanda tangan meng-ACC susunan surat cinta itu untuk diajukan ke sidang pendadaran.

Pendadaran pun berlangsung indah di tanggal 6 Juli 2015. Alhamdulillah setelah sekitar dua jam mempertahankan surat cinta ini, diumumkan bahwa hasil risetku: Alhamdulillah A :)


surat cinta untuk ibu & bapak
-semoga berkenan-

Pendadaran pertamaku yang indah, semoga Allah melapangkan jalanku, memudahkan langkahku, dan mengijinkanku untuk bisa sidang lagi di tahap selanjutnya. Aamiin.

Surat cinta ini kupersembahkan untuk Ibu Bapak :* 
Doakan anakmu ini Bu, Pak, agar bisa menulis surat cinta-surat cinta berikutnya~~~~.



 Dosen Pembimbing & Dosen Penguji

Grup Non Linear bareng Sensei ^^

Physics 2011
Teruntuk Sensei Lab Non Linear Physics, teman-teman Grup Non Linear, sahabat-sahabat tersayang dan semua pihak yang telah membantu, melancarkan, mendoakan, baik secara langsung maupun tidak langsung terima kasih, semoga Allah yang Maha Rahmah membalas dengan kasih dan sayangNya.

Comments

Popular posts from this blog

Resume Tafsir QS Al Mulk Ayat 1-4 Tafsir Al Azhar

Setelah membaca tafsir Al Azhar pada bagian surat Al Mulk ayat 1-4, ada beberapa hal yang aku highlight. Aku tulis di sini agar lain waktu bisa dibaca kembali resumenya. Semoga juga bermanfaat untuk pembaca 🤗 1 . Mahasuci Dia yang di dalam tanganNya sekalian kerajaan dan Dia atas tiap-tiap sesuatu adalah Maha Menentukan. Kekuasaan yang kekal hanyalah milik Allah. Sedang kekuasaan yang ada pada manusia (jabatan/amanah) hanyalah pinjaman dari Allah. Kapan saja bisa Allah ambil. Karena itu sangat rugi jika kekuasaan digunakan untuk keburukan. Allah maha penentu segala sesuatu yang di langit dan di bumi. Di sini relate juga dengan sains, bahwa dengan menggali rahasia alam semesta kita bisa mendapat pengetahuan tentang segala yang dilihat, didengar, dan diselidiki. Sehingga semakin paham juga mengenai takdir. Bahwa alam semesta ini Allah takdirkan mengikuti ketentuan Allah, saling berhubungan satu dengan yang lainnya.  Segala sesuatu Allah ciptakan dan atur mengikuti sunatullah. Seperti ra

Filosofi Pupus: Hakikat Pupus adalah Bertumbuh

Assalamu'alaikum Sahabat Sophie 😉 Hakikat pupus adalah bertumbuh Kadang aku geli sendiri sama hal-hal yang datang dan pergi tanpa permisi. Datangnya bikin terkejut bahagia, tapi siapa sangka kalau perginya bikin lebih terkejut lagi. Apa iya hidup sebercanda ini? Kadang aku sampai mikir kaya gitu. Meskipun sampai saat ini masih meyakinkan diri, Nggak kok, hidup nggak sebercanda itu, pastilah ada yang sedang Ia rencanakan. Kamu nggak ngerti aja mekanisme kerjaNya untuk memberikan yang terbaik versiNya. Benar-benar unpredictable dan waw banget gitu loh. Maka benar adanya, kita sebagai seorang hamba, harus terus meminta, agar diistiqomahkan dalam menjaga hati, karena hati kita bisa saja berbolak-balik. Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi 'alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu) Selanjutnya, bagaimana kita menjaga hati dan diri agar tak gentar. Seperti lirik lagunya Abbey dan Zoe bareng Bapaknya yang berjudul Pel

Yakinlah, Semua Indah pada Waktunya

Wisuda? alah itu hal biasa, pikirku. Saat itu aku santai-santai aja, bahkan jika harus menunda wisuda, rasanya tak apa. Pertama, ada tanggung jawab moral untuk nungguin dia, gak enak kalo wisuda duluan, padahal dia belum pendadaran. Dia? siapa sih? Yaps, dia adalah partner skripsian saya. Waktu saya sidang duluan aja, saya gak tega sebenernya, sidang duluan sedang dia masih berkutat dengan analisis. Pasca saya sidang, saya pun bisa membaca wajahnya yang begitu sedih dan mungkin marah, karena itulah setelah sidang saya justru sibuk nyariin dia yang entah ilang kemana.  Tapi, kalo saya gak segera yudisium, itu berarti harus bayar SPP lagi, saya sungkan kalo harus minta orang tua buat bayar SPP lagi, apalagi di semester delapan saya harus bayar SPP dan BOP karena gak dapet beasiswa lagi untuk semester itu. Mungkin karena IP semester sebelumnya untuk syarat beasiswa juelek banget, jadi gak lolos seleksi. Hihihihi semester berapa itu, saya lupa, pokoknya IP saya dua koma gitu deh